pinjaman bunga rendah
09 Jul 2024

4 Faktor yang Menentukan Durasi Tenor Pinjaman KTA

Apa itu Tenor Pinjaman?

4 Faktor Penentu Tenor Pinjaman

Jenis-Jenis Tenor

Menggunakan Kalkulator digibank KTA

Ketika ingin mengajukan pinjaman bunga rendah seperti KTA, kamu akan menjumpai istilah tenor. Lamanya masa tenor menjadi hal yang penting untuk diperhatikan layaknya besar kecilnya suku bunga dari pinjaman yang kamu ajukan.

Lantas apa yang dimaksud dengan istilah tenor? Secara sederhana tenor merupakan sebuah istilah yang merujuk kepada durasi atau lamanya waktu untuk seseorang bisa membayarkan cicilan yang dimilikinya sampai lunas.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih detail terkait istilah tenor, artikel ini akan membahas tentang definisi, faktor-faktor apa saja yang menentukan durasi tenor, hingga jenis-jenis dari tenor itu sendiri. Ikuti uraian lengkapnya pada poin-poin pembahasan di bawah ini!

Apa itu Tenor Pinjaman?

Tenor merupakan jangka waktu atau durasi. Dalam dunia finansial, tenor pinjaman merupakan jangka waktu yang dimiliki oleh seorang peminjam untuk melunasi cicilan pinjaman yang dimilikinya kepada pihak pemberi pinjaman. Lamanya waktu tenor sendiri umumnya ditentukan oleh pihak pemberi pinjaman.

Ketika membayar cicilan, biasanya kamu tidak hanya akan membayarkan sebesar nominal yang kamu pinjam. Melainkan kamu juga perlu membayarkan suku bunga yang diberlakukan.

Penentuan tenor oleh pihak pemberi pinjaman untuk peminjam membayarkan cicilan beserta bunganya akan dipertimbangkan berdasarkan beberapa faktor. Penjelasan lebih lanjut tentang faktor penentu tenor akan dijelaskan pada poin selanjutnya.

4 Faktor Penentu Tenor Pinjaman

Durasi atau lamanya tenor yang diberikan kepada pihak peminjam tidak ditentukan secara asal-asalan. Di balik penghitungan waktunya, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan sehingga akhirnya bisa menghasilkan durasi tenor yang tepat.

Faktor-faktor yang menentukan lamanya durasi sebuah tenor pinjaman antara lain yaitu sebagai berikut.

●       Penghasilan

Faktor pertama yang mempengaruhi rentang dari tenor ketika seseorang mengajukan pinjaman bunga rendah ialah dilihat dari penghasilannya. Menjadi salah satu faktor utama, panjang dan pendeknya durasi tenor seorang peminjam sangat bergantung kepada besar kecilnya penghasilan yang dimiliki.

Sebagai contoh jika kamu memiliki penghasilan dengan nominal besar, maka pihak pemberi pinjaman cenderung akan lebih mempercayaimu dibandingkan dengan seseorang yang penghasilannya lebih sedikit darimu.

Dengan informasi terkait penghasilanmu tersebut, maka pihak pemberi pinjaman bisa saja memberikan tenor jangka panjang karena merasa kamu akan mampu membayar cicilan hingga waktu yang lama.

Begitupun sebaliknya jika kamu memiliki penghasilan yang kecil. Pihak pemberi pinjaman bisa memberikan tenor jangka pendek untuk meminimalisir kerugian ketika kamu tidak mampu membayar cicilan dalam waktu yang panjang.

●       Jumlah Pinjaman

Selain faktor penghasilan, besarnya nominal pinjaman yang kamu ajukan juga menjadi faktor selanjutnya yang perlu dipertimbangkan oleh pihak pemberi pinjaman saat menentukan tenor untukmu.

Jika nominal pinjaman yang kamu ajukan terbilang kecil, maka kemungkinan tenor yang akan diberikan untukmu merupakan tenor berjangka pendek.

Sementara itu jika nominal pinjamanmu tergolong besar, maka supaya tidak membebanimu dalam membayarkan cicilan setiap bulannya, tidak sedikit dari pihak pemberi pinjaman yang menyarankan durasi tenor dengan jangka yang panjang.

●       Aset yang Dimiliki

Jika kamu memiliki aset lain dalam bentuk kendaraan maupun rumah, maka hal ini juga bisa menjadi faktor berikutnya yang menentukan lamanya tenor pinjamanmu. Untuk itu kamu perlu memberikan informasi yang sebenarnya terkait aset-aset yang kamu miliki agar durasi tenor pinjamanmu bisa sesuai dengan kemampuan finansialmu

●       Usia Peminjam

Usia peminjam menjadi faktor terakhir yang akan dibahas di sini terkait faktor-faktor yang biasanya dipertimabangkan untuk menentukan tenor pinjaman. Hal ini disebabkan karena usia peminjam sangat berpengaruh terhadap kesanggupan membayar cicilan pinjaman yang diajukannya.

Peminjam dengan usia yang tergolong tua biasanya akan diberikan tenor pendek. Sementara untuk peminjam yang usianya masih tergolong muda akan disarankan untuk mengambil tenor yang durasinya panjang karena dinilai usia produktifnya masih panjang.

Baca juga: Sayang Anak, Ini 9 Tips Membangun Ruang Belajar yang Nyaman

Jenis-Jenis Tenor

Rentang tenor yang diberikan oleh pihak pemberi pinjaman kepada peminjam sangat beragam. Kamu bisa menemukan seseorang dengan jangka waktu membayar cicilan hanya dalam hitungan bulan dan bisa juga menemukan dalam hitungan tahun.

Perbedaan lamanya durasi pembayaran cicilan merupakan salah satu yang membuat jenis-jenis tenor beragam. Untuk itu pada poin ini akan dibahas mengenai jenis-jenis tenor berdasarkan jangka waktunya.

Jenis tenor berdasarkan rentang waktu dibagi menjadi dua, yaitu tenor dengan jangka panjang dan tenor dengan jangka pendek. Pembahasan selengkapnya terkait tenor pinjaman bunga rendah dapat diperhatikan berikut ini.

●       Tenor Jangka Panjang

Sesuai dengan namanya, tenor jangka panjang merupakan durasi pembayaran cicilan yang diberikan kepada pihak peminjam dengan rentang yang terbilang lama. Umumnya tenor pinjaman dengan jangka panjang dimulai dari 3 tahun hingga puluhan tahun lamanya.

●       Tenor Jangka Pendek

Jenis tenor pinjaman yang kedua yaitu tenor dengan durasi yang pendek. Seseorang yang diberikan tenor jangka pendek harus bisa membayarkan cicilan atas pinjamannya dengan durasi yang cepat, mulai dari hitungan satu bulan sampai 3 tahun lamanya. Umumnya tenor berdurasi singkat ini diberikan kepada orang yang mengajukan pinjaman dana tunai.

Menggunakan Kalkulator digibank KTA

Apabila kamu sedang mempertimbangkan mengajukan pinjaman, maka supaya bisa mendapatkan gambaran mengenai durasi tenor dan besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, kamu bisa mencoba menggunakan kalkulator digibank KTA. Untuk mengakses kalkulator digibank KTA, kamu bisa mengunjungi lamannya dengan klik di sini.

Sesuai dengan yang tertera di situs tersebut, untuk bisa melakukan simulasi terhadap pinjaman yang ingin kamu ajukan, kamu hanya perlu memasukkan data berupa nominal pinjaman yang diinginkan dan rentang durasi tenor sesuai kesanggupanmu.

Apabila data nominal pinjaman dan tenor yang kamu inginkan sudah dimasukkan, maka kamu akan mengetahui perkiraan cicilan yang perlu kamu bayarkan setiap bulannya.

Tenor merupakan salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat hendak mengajukan pinjaman. Istilah yang merujuk kepada jangka waktu pembayaran cicilan ini biasanya akan ditentukan oleh pihak pemberi pinjaman dengan mempertimbangkan beberapa faktor.

Berdasarkan pembahasan di atas, faktor-faktor penting yang akan mempengaruhi keputusan pihak pemberi pinjaman dalam menentukan durasi tenor seorang peminjam yaitu faktor besar kecilnya penghasilan yang dimiliki, faktor nominal pinjaman yang diajukan, faktor nilai aset lainnya yang dimiliki oleh peminjam, dan juga faktor usia peminjam.

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, nantinya akan diputuskan durasi tenor yang paling sesuai. Pembagian jenis tenor pinjaman ini terbagi ke dalam dua yaitu tenor jangka panjang lebih dari 3 tahun dan tenor jangka pendek di bawah 3 tahun.

Bicara tentang tenor pinjaman, jika kamu sedang membutuhkan dana tambahan untuk membantu kebutuhanmu, salah satu produk pinjaman yang bisa kamu pertimbangkan ialah pinjaman bunga rendah digibank KTA.

Pinjaman dana tunai satu ini menawarkan beragam keuntungan dan kemudahan untukmu! Kamu bisa apply tanpa melampirkan dokumen fisik. Selain itu, kamu bisa mencairkan dana hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik. Soal cicilan, kamu tidak perlu pusing karena pinjaman KTA ini bisa kamu cicil sampai 36 bulan.

Apabila kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman bunga rendah digibank KTA, kamu bisa cek detail informasinya dengan klik di sini!

Baca juga:

7 Tema Fashion Populer 2024 untuk Kembangkan Bisnis!

Tak Selamanya Seram, Ini 8 Wisata Menarik di Amazon!

Rekomendasi Kampus Hukum Terbaik untuk Studi S2 di Belanda!